Cara mendeteksi kerusakan mesin motor dari suaranya
Asalamualaikum wr wb. hari ini kita akan belajar bagaimana cara mendeteksi kerusakan mesin motor hanya dari mendengarkan suaranya saja.
Sebelum kita mempelajari lebih
dalam lagi bagaimana cara mendekteksi suara lebih dahulu kita harus tahu
darimana asal suara abnormal pada mesin motor itu.
Selama saya bekerja didunia perbengkelan ada
beberapa kerusakan yang biasa terjadi pada sepeda motor khususnya dibagian
mesinnya dan ini saya akan berbagi kepada kawan-kawan apa saja kerusakan dan bagaimana cara mendeteksinya :
1. Suara Rantai mesin/Keteng
Rantai keteng |
Ciri-ciri suara keteng yang rusak :
Terdengar dengan jelas suara berderik jika rpm kurang dari 3000rpm akan tetapi jika begitu gas tinggi maka suara justru hilang,nah jika suara ini terdengar maka dapat dipastikan rantai mesin sudah terdapat keausan dan kita dapat memeriksa pula bagian terkait antara lain lidah tensioner , LAT dan gigi sentrik.
2. Suara Katup/Klep
katup/klep |
Ciri-ciri suara klep yang
rusak :
Terdapat suara berderak yg keras jika rpm rendah dan bertambah keras jika rpm ditambah dan suara ini dapat terdengar lebih jelas jika suhu mesin dalam keadaan dingin.
Terdapat suara berderak yg keras jika rpm rendah dan bertambah keras jika rpm ditambah dan suara ini dapat terdengar lebih jelas jika suhu mesin dalam keadaan dingin.
Jika suara ini terdengar maka kita dapat memeriksa bagian sistem katup/klep
apakah mungkin setelan klepnya yang kendor atau bagian Noken as,
klep , pelatuk klep dan tentu saja bearing/bosnya (sistem DOHC) yang aus.
3. Suara Piston
Ciri-ciri suara
Piston rusak :
Sebenarnya untuk menentukan kerusakan pada piston ini dapat pula dilakukan dg cara melihat asap yg keluar pada knalpot ,namun itu kalo kelonggaran piston terhadap linier blok sudah terlalu besar, jika masih dini kerusakan piston ini dapat dideteksi dengan cara mendengarkan suaranya. Ciri-ciri suaranya adalah adanya suara berderak namun hanya ketika rpm turun dari 3000 rpm ke posisi idle nah suara ini dapat terdengar jelas jika knalpot ditutup dan gas dilakukan sambil menginjak pedal rem belakang dan gigi motor pada posisi 1.
4. Suara Crankshaft / Stang seher
Ciri-ciri dari suara abnormal pada stang seher adalah :
Adanya suara berderak jika rpm naik
secara cepat dari idle ke 3000rpm dan gas untuk kali ini dilakukan dengan cepat
dan seperti pengecekan piston suaranya akan jelas terdengar jika knalpot
ditutup dan motor berada pada posisi gigi 1 dengan rem belakang diinjak,
dan jika bersuara maka sudah dipastikan bahwa stang seher sudah aus.
5. Suara Sistem Kopling
Ciri-ciri
dari suara kerusakan pada sistem kopling adalah :
Suara abnormal dari sistem kopling ini mirip dengan suara pada
stang seher demikian pula cara pengetesannya nah bedanya adalah letak asal
suaranya, jika asal suara pada cranksaft ada pada bagian tengah dari
kalter mesin maka kalo suara abnormal dari sistem kopling asal suaranya ada
pada (kalter kopling) dan jika suara ini muncul maka pengecekan sistem kopling
dapat di lakukan pada karet-karet damper baik pada kopling ganda maupun kopling
utama.
Demikian artikel ini dibuat semoga
menjadi manfaat bagi kita semua.