8 Macam Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Sepeda Motor

        Untuk pengguna kendaraan baik itu menggunakan roda empat ataupun roda dua seperti sepeda motor tidaklah selalu sehat terus kondisinya, pastinya menemukan masalah pada kendaraan tersebut, dan mengetahui apa saja kah macam-macam kerusakan yang terjadi pada sepeda motor berikut ini.






1. Mesin Mendadak Mati Saat Dibawa Jalan
  • Pada bagian platina tidak bekerja secara sempurna atau sama sekali tidak bekerja yang akibatnya dari baut platina yang sudah longgar atau tidak kencang
  • Pada kabel pengapiannya lepas atau longgar
  • Piston macet didalam lubang silinder akibat overheating.
  • bahan bakar tidak turun pada karburator, Jet utama serta jet langsam pada karburatornya tersumbat,

2. Pemakaian Bahan Bakar Boros
  • Tersumbatnya filter udara dibagian belakang karburator
  • Banyaknya karbon di ruang bakar karbon ini dapat terbentuk akibat terbakarnya oli pelumas yang mengeras berupa arang menempel pada puncak torak dari ruang bakar
  • Kompresi rendah
  • Sistem pemakaian yang kurang tepat
  • Kerusakan yang terjadi yaitu seher cincin seher dan lubang silinder

3. Akselerasi Mesin Kurang Sempurna
  • Saluran-saluran ataupun lubang-lubang pada dalam karburatornya kotor
  • Businya tidak dapat menyala secara konstan yang disebabkan busi kotor ( kerenggangan pada busi terlalu rapat )
  • Gas sisa pembakaran tidak bisa keluar secara lancar dari knalpot
  • Saringan udara yang tersumbat dapat mempengaruhi komposisi bahan bakar dan udara sehingga campuran terlalu banyak
  • Pada saat pengapian yang kurang tepat maka terlalu cepat menyala atau terlalu lambat menyalanya

4. Mesin Tenaga Hilang
  • Bos pada katup terlalu sempit lubangnya menyebabkan katup menjadi tidak lancar untuk bekerja.
  • Pegas katupnya lemah atau patah perbaikannya harus ganti dengan yang baru.
  • Waktu pembukaan serta penutupan katup tidak tepat hal tersebut berarti poros hubungan ( noken as ) haruslah disetel kembali pada posisi top.
  • Terjadi kebocoran kompresi akibat rusaknya paking kepala silinder.
  • Seher, cincin seher dan lubang silinder using.
  • Tempat dudukan businya dol ataurusak hal ini berarti harus dibuatkan alur dudukan busi yang baru

5. Keluar Asap Putih Dari Knalpot
  • Terlalu banyak mengisi oli pelumas Seher
  • ring seher dan lubang silinder aus / rusak
  • Penggunaan mutu oli yang kuirang baik
  • Tekanan pompa oli terlalu tinggi

6. Mesin Hidupnya Tersendat Setelah di Panaskan
  • Penyetelan pelampung kurang tepat
  • Koil pengapian sudah mau rusak
  • Busi yang kadang kala mengeluarkan api kadang kala tidak

7. Komstir Kendor Atau Rusak
  • Berbunyi kletek-kletek saat di rem depan dan melewati jalan jelek’
  • Motor terasa berat saat dibelokan
  • Stir atau stang motor terasa buang atau tidak stabil

8. Rem Depan Cakram Tidak Berfungsi
  • Master rem rusak atau bocor
  • Minyak rem habis
  • Kampas atau dispad habis




Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.