Home
Unlabelled
7 Hal Penyebab Aki Cepat Rusak
7 Hal Penyebab Aki Cepat Rusak
Desember 05, 2017
Read
Penyebab baterai menjadi cepat tekor ada
bermacam-macam, dan masalah atau yang menjadi penyebab sering kali kita tidak
menyadari ada sesuatu masalah pada motor kita yang tentunya hal itu menjadi
penyebab aki atau baterai menjadi cepat tekor atau menjadi cepat
habis Padahal aki atau baterai ini mempunyai peran yang sangat penting.
Karena baterai berfungsi untuk mensuplai arus listrik yang akan dibutuhkan oleh
sistem-sistem pada kendaraan yang sangat membutuhkan arus listrik, seperti
sistem penerangan, sistem starter, sistem klakson, serta bahkan pada sistem
pengapian. karena baterai juga ternyata dapat mempengaruhi kualitas
percikan bunga api pada busi di sistem pengapian. Jika aki tekor maka untuk
beberapa sistem yang membutuhkan suplai arus listrik juga menjadi tidak optimal
kerjanya.
Untuk masalah aki tekor adalah
masalah yang banyak dialami oleh pemilik motor, bahkan ada juga yang membiarkan
atau malas memperbaiki atau mengganti aki yang sudah rusak dan juga
memilih tidak menggunakan aki lagi, sehingga suplai arus listrik pada sepeda
motor hanya mengandalkan pada sistem pengisian. Maka tentu saja hal tersebut
akan berbahaya.
Tentu saja ada beberapa faktor
yang tentunya harus dan perlu di perhatikan yang berkaitan dengan penyebab aki
atau baterai menjadi cepat tekor ini, dan khusus untuk sobat yang suka
memodifikasi atau mengotak-atik sepeda motornya, maka salah satu hal yang
berikut ini jika sobat lakukan maka bisa membuat aki motor akan menjadi lebih
cepat tekor. Berikut ini adalah penyebab baterai motor cepat tekor:
1. Memasang Klakson Yang Tidak Sesuai
Untuk mereka yang gemar memodifikasi mungkin memasang
klakson mobil pada sepeda motor adalah sesuatu hal yang keren, padahal hal
tersebut justru merugikan. Karena memasang klakson yang tidak sesuai dengan
sepeda motor atau yang tidak standar pabrikan akan membuat aki atau baterai
menjadi cepat tekor.
Karena untuk klakson mobil atau bahkan klakson truk tentunya membutuhkan suplai listrik yang lebih besar dan tentunya sangat tidak cocok jika dipasang untuk sepeda motor.
Karena untuk klakson mobil atau bahkan klakson truk tentunya membutuhkan suplai listrik yang lebih besar dan tentunya sangat tidak cocok jika dipasang untuk sepeda motor.
2. Memasang Lampu HID
Ini juga yang banyak dilakukan oleh pecinta
modifikasi, yaitu memasang lampu hid. Lampu HID (High Intensity Discharge).
Untuk keunggulan dari lampu HID ini menjadikan nyala lampu sepeda motor menjadi
lebih terang dibanding pada lampu standar dari motornya.
Tetapi untuk memasang jenis lampu HID
pada sepeda motor tentu dapat membuat aki menjadi cepat tekor karna lampu HID
membutuhkan suplai listrik yang lebih besar juga, dan jika arus tidak
sesuai dengan spul pengisian maka dampaknya aki atau baterai menjadi cepat
tekor.
3. Bore Up Silinder
Ini juga sering dilakukan dalam rangka modifikasi, dalam
melakukan bore-up pada silinder dapat menyebabkan baterai atau aki menjadi
cepat tekor. Bore-up silinder tersebut dilakukan karena untuk meningkatkan
kapasitas silinder yang gunanya mendapatkan power atau tenaga yang dihasilkan
menjadi lebih besar.
Akan tetapi untuk melakukan bore-up
silinder tanpa diikuti oleh upgrade pada elektrik starter juga akan berakibat
elektrik starter menjadi sangat berat untuk bisa memutar mesin hal ini
dikarenakan kompresinya menjadi tinggi. Karena aki terus dipaksa memutar mesin
maka beban kerja aki dan starter menjadi berlebih dan mengakibatnya aki menjadi
cepat tekor.
4. Kiprok Rusak
Jika ketiga hal di atas sering dilakukan untuk mereka
yang hobi modifikasi, maka lain halnya dengan masalah ini, karena kiprok yang
rusak bisa dialami oleh siapa saja. Dan untuk kiprok rusak maka dapat membuat
baterai atau motor cepat tekor.
Penjelasannya adalah sebagai
berikut, karena kiprok adalah komponen yang fungsinya untuk membatasi tegangan
dari generator. Dan untuk besarnya tegangan pada generator ini tergantung
pada putaran mesin motor.
Contoh mudahnya lampu pada sepeda ontel
(untuk yang tahu) karena biasanya lampu tersebut menyala jika generator
dihubungkan pada roda, semakin cepat kita mengayuh sepeda maka akan nyala
lampunya yang semakin terang.
Maka begitu juga generator pada sepeda
motor, kemudian di karenakan tegangan yang dihasilkan oleh generator digunakan
untuk mengisi ulang arus listrik pada aki atau baterai, maka besarnya tegangan
yang harus dibatasi. Tentunya yang membatasi tegangan ini adalah kiprok
Jika kiprok mati atau rusak maka tidak ada
yang membatasi tegangan pada suplai arus ke baterai, akibatnya maka baterai
atau aki bisa overcharging ataupun sebaliknya. Cara mengatasinya ialah dengan
memeriksa apakah pengisian berjalan dengan normal atau tidak.
Caranya dengan menghidupkan mesin di
putaran antara 4000 sampai 5000 rpm kemudian periksa tegangan pengisian.
Tegangan pengisian yang baik ialah antara 14 sampai 15 volt. jika kurang atau
lebih maka segera bawalah ke bengkel untuk memastikan serta dilakukan
pemeriksaan lebih lanjut apakah kiprok motor betul-betul rusak atau tidak.
5. Konsleting Kabel
Untuk motor yang keluaran baru atau masih baru
masalah ini jarang terjadi, tetapi untuk motor tua bisa terjadi karena komponen
kabel atau kelistrikan sudah melemah, dan kabel akan terkoyak atau terkelupas
dan menyebabkan, konsleting dan ada arus yang terbuang percuma, tentu
menyebabkan aki cepat rusak
6. Kerusakan Stop Lamp
Kerusakan pada stop lamp juga dapat mengakibatkan aki
tekor, jika stop lamp menyala terus walaupun rem sudah tidak ditekan. Maka
lampu rem yang terus menerus nyala bisa membuat konsumsi arus litrik bertambah
dan pasti aki menjadi cepat tekor.
Kerusakan inilah yang sering dialami,
dimana pada stop lamp pada rem tangan rusak. Berakibat lampu rem terus menerus
menyala. Jika hal ini terjadi pada sobat maka sebaiknya segera bawa ke bengkel
langganan anda untuk dilakukan perbaikan.
7. Kebiasaan Tidak Mematikan Kunci Kontak
Yang bisa membuat aki cepat tekor
terakhir ini adalah kebiasaan tidak mematikan kunci kontak, entah dikarenakan
lupa, sehingga baik lampu indikator maupun indikator lain seperti pengukur
bensin, oli dan lain lain pada dashboard motor yang terus menyala. Hal itu bisa
membuat konsumsi arus listrik menjadi terbuang sia-sia serta menyebabkan aki
cepat tekor juga.
7 Hal Penyebab Aki Cepat Rusak
Reviewed by myenginee.blogspot.com
on
Desember 05, 2017
Rating: 5
nnn
BalasHapus